script> var linkMagzSetting = { menuSticky : true, relatedPosts : true, jumlahRelatedPosts: 4, relatedPostsThumb: true, infiniteScrollNav : true, tombolDarkmode : true, scrollToTop : true, fullwidthImage : true, bacaJuga : true, jumlahBacaJuga : 3, judulBacaJuga : "Baca Juga", showHideTOC : true, judulTOC : "Daftar Isi", tombolPesanWA : true, judulPesanWA : "Pesan via WhatsApp", nomorWA : 6285729848098, teksPesanWA : "Halo admin. Saya mau pesan", };
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tren "HALAL" Lifestyle Mendunia, Bagaimana Dengan Indonesia?

                 

Halal lifestyle saat ini tengah menjadi tren global. Banyak negara-negara di berbagai belahan dunia tengah berupaya menerapkan sistem halal lifestyle dalam kehidupan sehari-hari. Sebelumnya, apa sih itu halal lifestyle? Lifestyle atau gaya hidup adalah suatu hal yang menunjukkan bagaimana orang hidup, bekerja, pola tingkah lakunya, minat dan bagaimana membelanjakan uangnya, dan bagaimana mengalokasikan waktu. Sedangkan halal bila kita perluas ruang lingkup halal dalam arti hal yang diperbolehkan dan sah menurut hukum islam maka,halal tak hanya menyangkut makanan dan minuman melainkan juga melampaui bahkan merefleksikan semua aspek dalam kehidupan kita. Maka dari itu dapat kita simpulkan bahwa halal sebagai gaya hidup adalah pola hidup seseorang yang dinyatakan dalam kegiatan atau aktivitas yang halal, minat dan pendapatnya dalam membelanjakan uangnya untuk makan, minum dan kesenangan lainnya secara halal dan bagaimana mengalokasikan waktu juga secara halal.

Di Indonesia sendiri tren halal lifestyle menjadi tren strategis baik dikalangan pebisnis, akademisi, mahasiswa, wisatawan, serta stakeholder lainnya. Tentunya hal tersebut dilatarbelakangi oleh mayoritas penduduk Negara Indonesia adalah pemeluk agama islam yakni dari 250 juta jiwa 80% diantaranya merupakan seorang muslim. Ini menjadi pasar yang unik serta menarik perhatian para pebisnis untuk menjalarkan bisnis-bisnis mereka di sector halal lifestyle.

Pebisnis begitu tertarik mengembangkan dan menjalarkan bisnis mereka ke sektor industri halal lifestyle, mengapa ? Karena ada banyak keuntungan menerapkan  halal lifestyle tersebut. Salah satu diantaranya dalam industri pariwisata, prinsip pariwisata halal pada dasarnya menarik bagi para wisatawan, pertama makanan yang disajikan terbukti sehat dan bersih. Kedua tempat wisata tidak menyediakan makanan dan minuman beralkohol yang otomatis meniadakan suasana tidak nyaman karena kehadiran orang-orang yang sedang mabuk. Sama halnya dalam industry makanan,penerapan halal lifestyle tentunya akan memberi kepercayaan kepada konsumen untuk mengkonsumsi produk yang halal atau sesuai dengan prinsip syariah,dimana konsumen disini tak hanya meliputi muslim saja tetapi banyak pula non muslim yang gemar mengkonsumsi produk halal tersebut. Selain potensi pasar industry halal lifestyle terbesar didunia, indonesia juga mempunyai banyak hal yang bisa dijual dalam konsep pengembangan industry halal lifestyle.

Misalnya dari segi pariwisata, atau halal tourism yang terbagi kedalam beberapa sektor seperti wisata gunung, pantai, budaya dan kuliner. tak heran jika pada tahun 2016 Indonesia menempati posisi ke-4 dalam indeks daya saing kepariwisataan (GMTI) dan diprediksikan akan menempati posisi ke-1 ditahun 2020. kita juga sama-sama tahu bahwa di 2016 lalu Indonesia berhasil memenangkan 12 dari 16 kategori halal tourism. Hal ini menunjukkan potensi industri halal di Indonesia sangat besar dengan penduduk yang mayoritas muslim, Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar dalam industri pengembangan halal lifestyle dunia. Tinggal bagaimana kita mengelolanya, apakah kita bisa mengelola dengan baik dan benar sehingga indonesia sebagai pusat industri halal lifestyle benar terwujud, tidak hanya sekedar wacana.

Tidak jauh dari Indonesia beberapa Negara di dunia juga sedang gencarnya mengembangkan potensi pasar indistri halal lifestyle seperti misalnya Negara Malaysia yang saat ini dikenal sebagai pusat pengembangan halal lifestyle dunia. Malaysia juga dikenal sebagai negara tujuan wisata halal keluarga terbaik di dunia. Selain itu, beberapa produk makanan dan minuman halal yang disajikan oleh beberapa perusahaan penerbangan insternasional adalah berasal dari negeri jiran tersebut. Itu untuk Negara yang bependuduk mayoritas muslim, ada pula beberapa Negara yang minoritas muslim saat ini tengah mengembangkan dan menerapkan halal lifestyle seperti Thailand, Philipina, Jepang, Cina, Brazil, Singapura, Korea dan masih banyak Negara-negara minoritas muslim lainnya.

Dengan maraknya tren halal lifestyle yang mendunia dan begitu banyaknya potensi industri halal lifestyle yang di miliki indonesia sekarang ini, tentu bukan hal mustahil jika kedepannya Indonsia bisa menjadi kiblat halal lifestyle dunia, jika masyarakat, akademisi, pemerintah, serta pemangku kepentingan lainnya bersinergi guna mencapai tujuan bersama yakni membumikan ekonomi islam secara inklusif di Indonesia.





Peunlis
Liana Amalia
Departemen Media dan Jurnalistik 
Periode 2018/2019
:)


1 komentar untuk "Tren "HALAL" Lifestyle Mendunia, Bagaimana Dengan Indonesia?"

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus